Tajemtra

Gambar
Tajemtra  pemberangkatan peserta tajemtra Tajemtra (Tanggul Jember Tradisional) adalah kegiatan rutin setiap tahunnya yang di selenggarakan oleh pemerintah Jember. Tajemtra selain sudah menjadi budaya di Jember, hadiahyang diberikan oleh panitiapun tidak kecil, hadiah yang diperebutkan sebesar 100juta dan piala Mahmudi Cup. Mahmudi adalah nama seorang peserta gerak jalan yang meninggal pada tahn 70an, digunakan nama piala untuk mengenang semangatnya. Gerak jalan tahunan ini dimulai dari alun-alun Kecamatan Tangul dan berakhir di titik nol Jember yakni alun-alun Jember. Jarak yang ditempuh peserta 33 kilometer.  Gerak jalan ini setiap tahunnya memang menyedot ribuan peserta. Pesertanya selalu di atas 10 ribu orang. Karena namanya gerak jalan, tidak ada kostum pakem dalam acara itu. Peserta yang tak kurang dari 15 ribu orang setiap tahunnya ini diberangkatkan secara bergantian mulai mulai jam 13.30 hingga 17.00 dari alun-alun Tanggul. Biasanya peserta sampai sampai di g

Wedang Cor

Wedang Cor

wedang cor


Jember memiliki satu minuman yang khas, yang belum pernah ditemui di daerah lain. Di Jember pun cuma ada satu tempat yang menjual minuman penghangat badan ini. Bahkan masyarakat Jember sendiri banyak yang belum tahu tentang minuman yang akhirnya di beri nama "Wedang Cor".

Wedang cor terdiri dari campuran banyak bahan. Yang terdiri dari tape ketan item, yang di mixing dengan jahe serta susu berwarna putih, kentel dan manis. Setelah semua bahan tersebu di satukan, kemudian diaduk oleh beberapa rpm, maka terbentuklah minuman yang sangat hangat dan nikmat.
Panasnya jahe ditambah dengan hangatnya tape ketanakan sangat memanjakan badan dikala dingin. 

 berikut ini adalah cara pembuatannya yang bisa anda buat dirumah.

Cara Membuat Wedang Cor
Bahan-bahan:
– 100 gr jahe dibakar dan memarkan dan di gepok agar jahenya terasa
– 150 gr tape ketan hitam
– 800 ml air
– Susu kental manis secukupnya anda juga bisa menggunakan susu sapi asli

Cara Membuat :
1. Rebus air dan jahe sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi 700 ml dan angkat.
2. Ambil Tape ketan hitam dan taruhlah di gelas beri susu kental manis lalu tuangkan rebusan air jahe tadi dan aduk hingga rata.
3. Sajikan wedang cor selagi hangat

Kasiatnya dari wedang cor sendiri yaitu mengatasi masuk angin dan menghangatkan tubuh, cocok sekali apa bila anda bertempat tinggal di suhu dingin dan patut anda coba membuatnya agar badan anda tetap hangat dan fit.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tari Lahbako

Wisata Kota Jember

Bahasa