Tajemtra

Gambar
Tajemtra  pemberangkatan peserta tajemtra Tajemtra (Tanggul Jember Tradisional) adalah kegiatan rutin setiap tahunnya yang di selenggarakan oleh pemerintah Jember. Tajemtra selain sudah menjadi budaya di Jember, hadiahyang diberikan oleh panitiapun tidak kecil, hadiah yang diperebutkan sebesar 100juta dan piala Mahmudi Cup. Mahmudi adalah nama seorang peserta gerak jalan yang meninggal pada tahn 70an, digunakan nama piala untuk mengenang semangatnya. Gerak jalan tahunan ini dimulai dari alun-alun Kecamatan Tangul dan berakhir di titik nol Jember yakni alun-alun Jember. Jarak yang ditempuh peserta 33 kilometer.  Gerak jalan ini setiap tahunnya memang menyedot ribuan peserta. Pesertanya selalu di atas 10 ribu orang. Karena namanya gerak jalan, tidak ada kostum pakem dalam acara itu. Peserta yang tak kurang dari 15 ribu orang setiap tahunnya ini diberangkatkan secara bergantian mulai mulai jam 13.30 hingga 17.00 dari alun-alun Tanggul. Biasanya peserta sampai sampai di g

JFC

JFC 

Jember Fashion Carnival
JFC atau Jember Fashion Carnival adalah tradisi yang di selenggarakan pihak pemerintah Jember setiap tahunnya. Kegiatan ini telah dikenal hingga manca negara.
JFC ini menuntut kekreatifan setiap pesertanya untuk menunjukkan keunikan dari masing masing kostum mereka. 
Tak sedikit peserta yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

Dalam acara yang sama, Bupati Jember Faida mengungkapkan jika JFC menjadi bagian penting dalam pembangunan pariwisata di Jember. Hingga Jember kini identik dengan JFC.

"Dengan adanya JFC, ekonomi kreatif jadi tumbuh subur. Juga acara ini tidak eksklusif bagi Jember saja. JFC bersifat inklusi, tidak hanya bisa diikuti oleh orang kaya atau ganteng dan cantik saja. Semua kalangan sampai yang berkebutuhan khusus bisa ikut. Kreativitas adalah milik semua orang yang mau, bukan yang mampu," ungkap Faida.

Dengan di selenggarakannya acara ini menjadi hiburan tersendiri untuk warga Jember. Dan ditunggu kedatangannya setiap tahunnya. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tari Lahbako

Wisata Kota Jember

Bahasa